Spiritualitas Pengampunan Berdasarkan Analisis Teologis Kisah Para Rasul 15:35-41

  • Alvary Exan Rerung Institut Agama Kristen Negeri Toraja
Keywords: Barnabas, church, Paul, reconsiliation, forgiveness spirituality

Abstract

Sebagai komunitas orang percaya, Gereja tidak bisa terlepas dari yang namanya perselisihan. Perbedaan latar belakang, ekonomi, pendidikan setiap anggota jemaat yang akan terus menjadi pemantik terjadinya perselisihan dalam Gereja. Melihat realitas tersebut, penulis dalam tulisan ini hendak memberikan implikasi terciptanya spiritualitas pengampunan sebagai dasar rekonsiliasi dalam Gereja. Implikasi tersebut ditarik dari kisah perselisihan antara Paulus dan Barnabas. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini yaitu kualitatif dan studi pustaka. Tujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan nilai spiritualitas pengampunan dalam kisah perselisihan antara Paulus dan Barnabas, yang bisa dijadikan dasar rekonsliasi dalam Gereja. Hasil penelitian yang didapat bahwa spiritualitas pengampunan menjadikan warga jemaat tahu akan keterbatasan manusia sebagai makhluk yang terbatas, mudah goyah akan godaan untuk melakukan kesalahan. Tetapi, dengan spiritualitas pengampunan, akan ada kesadaran bagi mereka yang melakukan kesalahan untuk melakukan intropeksi diri dan tidak melanjutkan perselisihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiprasetya, Joas. 2020. Labirin Kehidupan 2: Berjumpa Dengan Allah Dalam Peziarahan Sehari-Hari. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Bagiyowinadi, Didik. 2020. “Dinamika Persahabatan Bernabas Dan Paulus.” in Seri Filsafat Teologi Widya Sasana.

Doma, Sabda Budiman &. Yabes. 2021. “Implikasi Latar Belakang Kehidupan Dan Pelayanan Rasul Paulus Bagi Pelayan Tuhan.” Jurnal Teologi Injili 1, No. 2.

Halverstadt, Hugh F. 2017. Mengelola Konflik Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Manurung, Kosma. 2021. “Alkitab Dan Hubungan Pertemanan Kajian Teologi Pentakosta Memaknai Hubungan Pertemanan Dalam Alkitab.” VOX DEI: Jurnal Teologi Dan Patoral 2, No. 1.

Marxsen, Willi. 2018. Pengantar Perjanjian Baru Pendekatan Kritis Terhadap Masalah-Masalahnya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Mieu, J. C. .. 2014. Merajut Manajemen Konflik Dalam Multikulturalism: Kekayaan Dan Tantangannya Di Indonesia. Jakarta: Penerbit Obor.

Octavianus, Jonathan. 2016. “Transisi Kepemimpinan Dalam Alkitab.” Kerusso: Jurnal Teologi & Pelayanan 1, No. 1.

Olla, Paulinus Yan. 2016. “Dosa Dan Pengampunan: Sebuah Petualangan Manusiawi Dan Rohani (Penghayatan Spiritualitas Pengampunan).” in Seri Filsafat Teologi Widya Sasana.

Rantesalu, Marsi Bombongan. 2020. “Karakter Kejujuran Dalam Gereja Masa Kini.” Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, No. 1.

Rerung, Alvary Exan. 2022. “Bunuh Diri Bukan Kehendak Bebas Perspektif Neurosains Dan Psikoanalisis Sigmund Freud.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 2, No. 1.

Rombean, Pitaya Rahmadi &. Chusmiaty. 2021. “Relasi Antara Guru Dan Siswa: Sebuah Tinjauan Dari Sudut Pandang Alkitabiah.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 3, No. 1.

Rouw, Randy Frank. 2019. “Tugas Roh Kudus Dalam Misi Berdasarkan Kisah Para Rasul.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, No. 1.

Ruhulessin, Johny Christian. 2021. “Konflik Dan Rekonsiliasi Antarjemaat: Sebuah Analisis Teologis.” Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 7, No. 2.

Rumbi, Frans Paillin. 2019. “Manajemen Konflik Dalam Gereja Mula-Mula: Tafsir Kisah Para Rasul 2:41-47.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 3, No. 1.

Sarioa, Agustina B. 2014. “Manajemen Konflik Dalam Gereja: Tinjauan Terhadap Suatu Resolusi Konflik Dari Perspektif Teori Mediasi.” Tesis Magister Manajemen UKSW.

Setyowati, Dwi Atni. 2019. “Konflik Kepemimpinan Dalam Pekabaran Injil: Sebuah Pemaknaan Terhadap Perselisihan Paulus Dan Barnabas Dalam Kisah Para Rasul 15:35-41.” Juenal ABDIEL: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 3, No. 1.

Sitepu, Nathanail. 2020. “Urgensi Menemukan Model Pemuridan Sesuai Tipe Spiritualitas Jemaat.” Harvester: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 5, No. 2.

Susanto, Ferry. 2019. “Cara Pandang Barnabas Si Anak Penghiburan.” Jurnal Teologi 8, No. 2.

Telaumbanua, Kevin Samuel Kamagi &. Iman Setia. 2022. “Manajemen Konflik Berdasarkan Kisah Para Rasul 15:35-41 Dan Implikasinya Bagi Gereja Masa Kini.” DA’AT: Jurnal Teologi Kristen 3, No. 1.

Thomas, Garry. 2003. Sacred Pathways. Yogyakarta: Kanisius.

Waharman. 2018. “Tinjauan Kesatuan Dari Kepelbagaian Menurut Kitab-Kitab Injil Dan Surat-Surat Rasul.” Manna Rafflesia 5, No. 1.

Watulingas, Fandri. 2021. “Studi Biografi Kehidupan Dan Pertobatan Paulus Sebagai Model Pertobatan Pelaku Kriminalitas Saat Ini.” Excelis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 5, No. 2.

Zaluchu, Sonny Eli. 2018. “Analisis Kisah Para Rasul 15 Tentang Konflik Paulus Dan Barnabas Serta Kaitannya Dengan Perpecahan Gereja.” Kurios: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 4, No. 2.

Zaluchu, Sonny Eli. 2020. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, No. 1.

Published
2022-06-30
Section
Articles