RISET IMPLEMENTASI PENGAJARAN TIGA PILAR GEREJA SUARA KEBENARAN INJIL MELALUI METODE EKSPLANATORI - KONFIRMATORI

Isi Artikel Utama

Jos Sudarman Lauwanto

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui berapa besar implementasi pengajaran tiga pilar Gereja Suara Kebenaran Injil(disingkat GSKI), lalu dimensi apa yang dominan serta kategori latar belakang apa yang dominan dalam pengajaran tiga pilar tersebut. Metode yang peneliti gunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori-konfirmatori. Peneliti mengajukan angket pernyataan kepada pejabat Gereja Suara Kebenaran Injil Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ternyata besarnya implementasi pengajaran tiga pilar GSKI berada pada level tinggi, lalu dimensi yang dominan adalah tanggung jawab dan kategori latar belakang yang dominan adalah lama melayani dari pejabat gereja. Dengan hasil tersebut, maka rekomendasinya adalah untuk tetap mempertahankan level yang sudah tinggi dengan membuat modul pengajaran yang sistematis, mengadakan seminar tentang tiga pilar GSKI, mengadakan pertemuan rutin antara badan pengurus pusat dengan pejabat gereja, dan pemilihan calon pejabat secara selektif dan objektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Graham, B. (2015). The Heaven Answer Book. Yogyakarta: ANDI Offset, Yokyakarta.
Hasan, I. (2004). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
J.C, R. (2000). Heaven. (Rossshire: Christian Focus Publications.
Kemdikbud. (2020). KBBI. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nurani
Mangum, D. (2014). Holiness, Lexham Theological Wordbook, Lexham Bible Reference Series. Bellingham, WA: Lexham Press.
Pardede, Z. (2019). Rancang Bangun Teologi “Kekudusan” Tentang Hamba Tuhan Sebagai Pemimpin Kristen Menurut Kitab Yosua. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta. https://doi.org/10.47167/kharis.v1i2.20
Prasetio, B. dan J., & Lina, M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Priyatno, D. (2010). Paham analisis statistik data dengan SPSS. MediaKom.
Ritonga, N. (2020). Teologi Sebagai Landasan Bagi Gereja dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 4(1), 21–40. Retrieved from http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1766
Sabdono, E. (2019a). Anthroplogy (Rehobot Literature. Jakarta: Rehobot Literature.
Sabdono, E. (2019b). Mencapai Kesucian. Jakarta: Rehobot Literature.
Sabdono, E. (2019c). New Paradigm of Christian Living. Jakarta: Rehobot Literature.
Sabdono, E. (2019d). Surga. Jakarta: Rehobot Literature.
Setio, R. (2012). Isu-isu Pendidikan Teologi di Indonesia.
Soeherman, S. (2003). Tujuan Pengajaran Gereja dan Implikasinya. Veritas : Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 4(1), 107–119. https://doi.org/10.36421/veritas.v4i1.101
sproul, R. (2009). Defending Your Faith: An Introduction to Apologetics. wheaton: crossway.
Themes, H. M. (2009). The Accessible and Comprehensive Tool for Topical Studies. London: Martin Manser.
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167