Pekabaran Injil di Era Digital Berdasarkan Matius 28:18-20

  • Kristian Sukatman STT Ekumene Medan, Indonesia
  • Allen Pangaribuan STT Ekumene Medan, Indonesia
  • Amoli Ndraha STT Ekumene Medan, Indonesia
  • Piter Imanson Damanik STT Ekumene Medan, Indonesia
Keywords: Digital Era, Social Media, Digital Media, Evangelism, Matthew 28:18-20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami efektivitas penginjilan di era Industri 4.0, terutama dalam menjalankan amanat agung sebagaimana tercantum dalam Matius 28:18-20. Metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka digunakan untuk menggali pemahaman dari sumber-sumber seperti teks Alkitab, literatur, jurnal, dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penginjilan dalam era Industri 4.0 memiliki potensi besar sebagai alat efektif untuk memenuhi amanat agung tersebut. Kemajuan teknologi komunikasi memungkinkan pesan Injil tersebar melalui media sosial dan platform digital, mencapai audiens yang lebih luas. Namun, pentingnya menggunakan teknologi ini secara bijaksana, dengan memperhatikan nilai-nilai kebersamaan dan keakuratan informasi, tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi penginjilan yang mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai tersebut, guna memastikan keberhasilan dalam menjalankan amanat agung secara efektif. Dengan demikian, penggunaan teknologi haruslah diarahkan dengan bijaksana agar sesuai dengan ajaran Alkitab dan mendukung misi penginjilan dengan optimal, memastikan pesan Injil disampaikan secara efektif dan akurat kepada masyarakat yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abridged from Liddell, A. L. (2001). Scott’s Greek-English Lexicon. Oxford.

Amir Hamzah, M. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Anwar, F. (2017). Perubahan dan permasalahan media sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137–144.

Arifianto, Y. A. & Santo, J. C. (2020). Iman Kristen Dan Perundungan Di Era Disrupsi. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen.

Cahyo, N. (2017). Dakwah Melalui Bimbingan Konseling Online. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/jid.v36.2.1773

Camerling, Y. F., Lauled, M. C., & Eunike, S. C. (2020). Gereja Bermisi Melalui Media Digital Di Era Revolusi Industri 4.0. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 2(1), 1-22.

Ferguson, S. B., Wright, D. F., & Packer, J. I. (Eds.). (2008). New dictionary of theology (Nachdr.). IVP Academic.

Iman Kristen dan Perundungan di Era Disrupsi | Arifianto | Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen. (n.d.). Retrieved February 16, 2024, from https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan/article/view/73

Kalis Stevanus, K. S. (2019). Panggilan Teragung Pedoman dan Metode untuk Mewartakan Kabar Baik Samapi Ke Ujung Bumi. PBMR ANDI.

Lee, D. S. (2020). An Effective Internet Ministry Strategy For Church Evangelism Through A Case Study Of The Sarang Community Church. Liberty Theological Seminary.

Manurung, P. D., & Hermanto, Y. P. (2022). Meningkatkan Pelayanan Misi Melalui Literasi Teologis di Era Supremasi Digital. THRONOS: Jurnal Teologi Kristen, 4(1), 13–23.

Moreau, A. S., Netland, H. A., Engen, C. E. van, & Burnett, D. (Eds.). (2000). Evangelical dictionary of world missions. Baker Books [u.a.].

Pfeiffer, C., & Harrison, E. (1962). The Wycliffe Bible Commentary. Moody Publishers.

Purnomo, A. (2021). Revitalisasi Konsep Amanat Agung Dalam Matius 28 Dan Implementasinya Bagi Penginjilan Di Masa Pandemi Covid-19. https://osf.io/3m9js/download

Stetzer, E. (2017). Social Media And Christian Ministry: Reaching The World For The Kingdom Of God. Journal.

Sukarman, T. (2021). Gereja Yang Bertumbuh Dan Berkembang. PBMR ANDI.

Sutanto, H. (2004). Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia Dan Konkordansi Perjanjian Baru. Jakarta: LAI.

Wau, V. (2022). Studi Eksegesis Amanat Agung dalam Matius 28:19-20. Teokristi: Jurnal Teologi Kontekstual dan Pelayanan Kristiani, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.38189/jtk.v2i2.157

Zalukhu, B. A. (2020). Startegi Penginjilan Multikultur Melalui Media Digital Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Matetes STT Ebenhaezer, 1(1), 17–25.

Published
2024-06-29
Section
Articles