Menyemai Ilmu Dan Kompetensi Pedagogik 4.0 Oleh Guru Pendidikan Agama Kristen

Isi Artikel Utama

Sensius Amon Karlau
Ivo Sastri Rukua

Abstrak

Upaya menyemai ilmu dan kompetensi pedagogik bagi guru PAK di era revolusi industri 4.0 merupakan terobosan positif bagi efektivitas pembelajaran PAK dalam menghadapi berbagai tantangan dan persoalan pendidikan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, disertai pendekatan studi kepustakaan. Analisis teks dan pemikiran melalui berbagai literatur yang membahas mengenai ilmu pedagogik, kompetensi pedagogik, peran guru PAK, dan era industri 4.0 digunakan secara cermat. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa ilmu pedagogik, menurut pandangan kontinental maupun pragmatis secara integratif memiliki motif individu, pribadi, moral maupun relasi sosial yang mengarah pada kompetensi pedagogik 4.0. Hal ini berimplikasi pada terwujudnya proses pendidikan dan pembelajaran oleh guru PAK yang relevan di era industri 4.0. Maka disimpulkan bahwa guru PAK memerlukan ilmu pedagogik sebagai stimulans yang membumbui kompetensi pedagogik 4.0 yang mencakup perannya sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing yang didukung oleh penggunaan perangkat atau media teknologi informasi secara proporsional bagi efektivitas pembelajaran PAK di era industri 4.0.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdurrahman. (2018). Urgensi Pedagogik Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 3, No, 83–102. Https://Doi.Org/Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.29240/Bjpi.V3i1.358
Ade Kurniawan, A. P. A. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Dan Calon Guru Kimia Sma Muhammadiyah 1 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1–7. Https://Jurnal.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Psn12012010/Article/View/3032
Adi Suprayitno, W. W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial (Pertama). Deepublish.
Aloysius Germia Dinora, S. A. (2020). Logika Kritis Filsuf Klasik Dari Era Pra-Socrates Hingga Aristoteles (Cetakan Pe). Penerbit Sociality.
Boehlke, R. R. (2015). Jilid 1 Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktik Pendidikan Agama Kristen, Dari Plato Sampai Ignatius Loyola (14th Ed.). Bpk Gunung Mulia.
Cully, I. V. (2009). The Dynamic Of Christian Education, Trj. Dinamika Pendidikan Kristen (12th Ed.). Bpk Gunung Mulia.
Darmawan, D. (2019). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Pertama). Pt. Remaja Rosdakarya.
Dkk, I. K. (2020). Pembelajaran Di Era 4.0 (Cetakan 1). Penerbit Yrama Widya.
Edlin, R. J. (2015). Hakikat Pendidikan Kristen (1st Ed.). Bpk Gunung Mulia Bekerja Sama Dengan Badan Pendidikan Kristen Penabur.
Enklaar, E. G. H. & I. H. (2015). Pendidikan Agama Kristen (29th Ed.). Bpk Gunung Mulia.
Groome, T. H. (2017). Christian Religious Education; Pendidikan Agama Kristen (6th Ed.). Bpk Gunung Mulia.
Hamzah, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Rekonstruksi Pemikiran Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora) (Edisi I). Penerbit Literasi Nusantara.
Harari, Y. N. (2018). Sapiens, Riwayat Singkat Umat Manusia (Cetakan Ke). Kpg (Kepustakaan Populer Gramedia).
Herlambang, Y. T. (2018). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif (Y. & R. A. K. Abidin (Ed.); Pertama). Bumi Aksara.
Hermino, A. (2020). Merdeka Belajar Di Era Global Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan (Cetakan I). Pustaka Belajar.
Ipiana. (2020). Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Antusias. Jurnal Teologi Dan Pelayanan, V. 6, N. 2, 121–134. Https://Sttintheos.Ac.Id/E-Journal/Index.Php/Antusias/Article/View/468/192
Lubis, M. (2019). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis, V. 4, N. 2, 68–73. Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Eduka/Article/View/4264/3204
Mark Phillips Eliasaputra, Martina Novalina, R. J. S. (2020). Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran. Bonafide: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, V. 1 No. 1, 1–22. Https://Doi.Org/Doi: 10.46558/Bonafide.V1i1.7
Marnisah, L. (2020). Manajemen Sdm; Berbasis Revolusi Industri 4.0. Deepublish.
Mulyasa, H. E. (2019). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan (Cetakan Ke). Pt. Remaja Rosdakarya.
Nugroho, H. A. R. T. & R. (2016). Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan Dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik (Cetakan Iv). Pustaka Pelajar.
Nurudin. (2020). Perkembangan Teknologi Komunikasi (Cetakan Pe). Pt Rajagrafindo Persada.
Pazmino, R. W. (2016). Foundational Issues In Christian Education, Trj. Indo: Fondasi Pendidikan Kristen, Sebuah Pengantar Dalam Perspektif Injili (3rd Ed.). Bpk Gunung Mulia Dan Sekolah Tinggi Teologi Bandung.
Posumah-Santosa, J. T. (2019). “Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah”, Dalam Ajarlah Mereka Melakukan: Kumpulan Karangan Seputar Pendidikan Agama Kristen. Penyunting Andar Ismail. Bpk Gunung Mulia.
Rasyidin, W. (2019). Pedagogik Teoretis Dan Praktis (Cetakan Ke). Pt Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.
Salamah, C. (2018). Pendidikan Dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Kompas Gramedia Pt Gramedia Jakarta.
Sensius Amon Karlau, Ivo Sastri Rukua, J. K. I. (2022). Pendidikan Agama Kristen Berpola Pedagogik Transformatif Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menurut Matius 11:28-30. Didache: Journl Of Christian Education, 3 No. 2, 124–147. Https://Doi.Org/Doi 10.46445/Djce.V3i2.542
Sensius Amon Karlau. (2022). Penciptaan Manusia Sebagai Representatif Allah Untuk Mewujudkan Mandat Budaya Berdasarkan Kejadian 1:26-28. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, V. 5, N. 1, 122–138. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.47457/Phr.V5i1.265
Seymour, J. L. (2016). Mapping Christian Education: Approaches To Congregational Learning, Trj. Memetakan Pendidikan Kristiani, Pendekatan-Pendekatan Menuju Pembelajaran Jemaat (1st Ed.). Bpk Gunung Mulia.
Sidjabat, B.S. (2017). Mengajar Secara Profesional (Edisi Ke 3). Kalam Hidup.
Sidjabat, Binsen S. (2018). Pendidikan Kristen Konteks Sekolah: 12 Pesan Untuk Guru Dan Pengelola Pendidikan (Pertama). Yayasan Kalam Hidup.
Sidjabat, Binsen Samuel. (2018). Pendidikan Kristen Konteks Sekolah: 12 Pesan Untuk Guru Dan Pengelola Pendidikan. Kalam Hidup.
Silverius Y. Soeharso, T. T. (2021). Strategi Menyiapkan Sdm Unggul Di Era Disrupsi: Soft Competencies Industri 4.0 (Ed. 1). Cv. Andi Offset.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian (1st Ed.). Pt Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R&D Dan Penelitian Pendidikan) (Edisi Ke-3). Alfabeta, Cv.
Suhaimi. (2022). Penguasaan Ilmu Dasar Pendidikan (Pedagogik) Sebagai Elemen Utama Kualitas Pengajaran Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Educandum, Vol. 8, No, 182–194. Https://Blamakassar.E-Journal.Id/Educandum/Article/View/708
Sukarman Purba, A. I. (2021). Ragam Perspektif Pedagogik Serta Makna Pendidikan, Pengajaran, Dan Pelatihan. In Landasan Pedagogik (Pertama, P. 210). Yayasan Kita Menulis. Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Iskandar-Kahar-Kato/Publication/351112222_Landasan_Pedagogik_Teori_Dan_Kajian/Links/60881d1a907dcf667bcaa66b/Landasan-Pedagogik-Teori-Dan-Kajian.Pdf
Tanduklangi, R. (2020). Analisis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (Pak) Dalam Matius 28:19-20. Peada: Jurnal Pendidikan Kristen, V0l 1, No., 47–58. Https://Doi.Org/Https://Peada.Iakn-Toraja.Ac.Id/Index.Php/Ojsdatapeada/Article/View/14
Telaumbanua, A. H. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. Iv, N, 45–62. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.51689/It.V6i2.243
Tilaar, H. A. R. (2002). Perubahan Sosial Dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif Untuk Indonesia (Pertama). Pt Gramedia, Jakarta.
Tilaar, H. A. R. (2015). Pedagogik Teoritis Untuk Indonesia (Pertama). Pt Kompas Media Nusantara.
Tung, K. Y. (2016). Terpanggil Menjadi Pendidik Kristen Yang Berhati Gembala (1st Ed.). Penerbit Andi (Penerbit Buku Dan Majalah).
Tung, K. Y. (2017). Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan Fondasi Dan Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. Andi.
Utomo, S. S. (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Lumbung Pustaka Uny (Uny Repository), 1, 1–13. Http://Eprints.Uny.Ac.Id/Id/Eprint/65069
Wibowo, M. W. (2022). Keniscayaan Disrupsi (Pertama). Pt Rajagrafindo Persada.
Yang, F. (2018). Pendidikan Kristen (Pertama). Momentum.
Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (5th Ed.). Prenada Media Group.