Upaya-Upaya Supervisi Dalam Memonitoring Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah

Isi Artikel Utama

Wadison Petrus
Talizaro Tafonao
Agiana Her Visnhu Ditakristi

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah melihat sejauhmana keefektifan yang dilakukan oleh supervisi dalam memonitoringkinerja guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Pokok persoalan yang mendasar dalam tulisan ini adalah peneliti masih menemukan beberapa guru Pendidikan Agama Kristen yang belum menjalankan tugasnya dengan maksimal berdasarkan aturan yang berlaku. Selain masalah tersebut, para guru-guru belum memiliki kedisplinan dalam kerja sebagaimana yang dijelaskan dalam artikel. Berdasarkan pokok persoalan itu, maka tugas supervisi berupaya menjalankan fungsinya sebagaimana yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa dengan melakukan observasi, pengarahan, pembinaan dan pengecekan administrasi, sangat berdampak positif dalam mendukung kinerja guru di sekolah serta lebih tertata dalam mengemban tugas dan melakukan tanggung jawabnya sesuai dengan tupoksi yang diembannya. Dengan demikian bahwa tugas supervisi dalam memonitoring membuat tidak adanya guru yang terabaikan dan mengabaikan setiap tugasnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ametembun. (2007). Supervisi Pendidikan Disusun Secara Berprogam. Suri.
Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di Sd Laboratorium Uksw. Scholaria, 7(1), 49–59.
Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, Dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa Dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, Dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.
Eliza, F., & Warlizasusi, J. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Masa Pademi Covid 19 Dalam Meningkatkan Inovasi Guru. Joeai (Journal Of Education And Instruction), 4(1), 206–214.
Halimatussa, Diyyah, & Gumiandari, S. (2015). Analisis Problematika Pelaksanaan Supervisi Dalam Kegiatan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mii Purwawinangun Cirebon. Jurnal Of Islamic Education Management, 5(1), 11–29. Https://Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Jiem/Article/Download/8429/3900%0a
Harahap, B. (1993). Supervisi Pendidikan. Damai Jaya.
Hawana. (2020). Monitoring Dan Supervisi Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah Di Sdn No.014727 Perupuk Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/9888/1/Tesis Hawana Pdf.Pdf
Iskandar, D. Dan U. B. W. (2016). Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Smp Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol.9(No.2), 182.
Joni, S., Ar, D., & Ibrahim, S. (2016). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas Swasta Di Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 148–157.
Karyati, R. (2020). Monitoring Dan Evaluasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Binaan Kepengawasan Kota Malang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(3), 122–132.
Mulyadi. (2016). Mengenal Supervisi Manajerial Dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Fikroh, 9(6), 110–123.
Nugraha, S. (2018). Pelaksanaan Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Terhadap Kinerja Guru Di Sman 1 Teunom Aceh Jaya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Nurfuadi. (2019). Manajemen Kompetensi Guru Dalam Peningkatan (R. Hadi & A. P. Wartam (Eds.)). Stain Press.
Nurhayati. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Di Smp Negeri 3 Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Permadi, M. F. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Universitas Jambi.
Petrus, W., & Tafonao, T. (2021). Trik Dan Tips Pengawas Dalam Memonitoring Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Selama Pandemi. Discreet: Journal Didache Of Christian Education, 1(2), 67–77.
Sartana. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Supervisi Akademik Melalui Metode Monitoring Dan Evaluasi Di Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2), 347–355.
Sayuti, A. J. (2018). Manajemen Kantor Praktis (Cetakan Ke). Alfabeta.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. Https://Doi.Org/10.48094/Raudhah.V1i1.10
Sufyarma Marsidin, Elizar Ramli, T. A. N. (2019). Pembinaan Kompetensi Manajerial Dan Supervisi Kepala Sekolah. Jurnal Halaqah, 1(4), 427–432. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.3522446
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Pt Alfabet.
Suhartono, B. (2021). Eksistensi Supervisi Pengawas Pembina Dimasa Pandemi Covid 19 Dalam Meningkatkan Standar Proses Di Smk Mustafa Lidah Tanah Perbaungan. Cybernetics: Journal Educational Research And Sosial Studies, 2(1), 51–61.
Sumargo. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training Pada Sd Negeri 06 Air Manjunto. Jurnal Abiwara, 2(4), 63–76.
Suprayogo, I., & Tabroni. (2007). Metode Penelitian Sosial Agama. Remaja Rosdakarya.
Supriyatna, U. (2017). Observasi Supervisi Kependidikan Terhadap Hasil Kompetensi Dan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Guru Di Sd Negeri Setragalih Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun 2016 Unang. Biormatika Jurnal Ilmiah Fkip Universitas Subang, 3(1), 15–38.
Suwatno, & Yuniarsih, T. (2016). Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
Takhlishi, A. (2019). Implementasi Supervisi Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Aliyah Sunan Prawoto Pati. Jurnal Intelegensia, 6(1), 72–85. Https://Ejournal.Unisnu.Ac.Id/Ji/Article/Download/1667/Pdf
Tefbana, A., & Kia, A. D. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi Dan Pandemi. Jurnal Luxnos, 6(2), 254–270. Https://Doi.Org/10.47304/Jl.V6i2.60