Ber Tik-Tok: Sejauh Mana Bentuk Mengekspresikan Diri Dilakukan Dalam Perspektif Etika Kristiani
Isi Artikel Utama
Abstrak
Fokus utama pembahasan yang hendak diteliti dalam artikel ini adalah bagaimana kadar kepatutan atau kewajaran yang sebaiknya dilakukan orang kristen, ketika mereka mengekspresikan diri dalam ber-Tik Tok. Topik ini perlu dibahas, mengingat aplikasi Tik Tok merupakan salah satu media sosial yang digemari oleh masyarakat Indonesia dari berbagai golongan maupun agama. Di dalam mengerjakan tulisan ini, peneliti menggunakan pendekatan studi literatur dan fenomenologis untuk menjawab pertanyaan penelitian yang hendak dibahas. Adapun pertanyaan itu, apa kelebihan dan kekurangan media ini? Bagaimana bentukkonkret pengekspresian diri yang dilakukan pengguna dalam ber-Tik Tok? Serta bagaimana perspektif etika Kristiani dalam ber Tik Tok? Hasil yang didapat adalah bahwa media sosial Tik Tok memudahkan semua pelaku konten untuk viral baik yang positif maupun negatif, karena algoritma Tik Tok For You Page memberi kesempatan yang sama pada semua orang. Bentuk pengekspresian diri yang dominan dalam ber Tik Tok oleh usernya adalah berjoget, menari dan lip sync. Akibatnya, unsur erotisme, sensualitas dengan memperlihatkan lekukan tubuh dan mengejek sering dilakukan. Prinsip etika kristiani melarang keras orang kristen untuk menampilkan corak kehidupan yang buruk apalagi tidak sopan. Karena orang kristen dilabeli sebagai suratan Kristus untuk bisa menjadi teladan dalam perkataan maupun perbuatan sebagai terang dunia.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. Sosioreligius, 6(2), 74–83. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Sosioreligius.V6i2.27617
Alfaini, S. (2021). Perspektif Al-Qur’an Tentang Konten Tarian Viral Para Muslimah Pada Aplikasi Tik Tok. Al-Mutsla, 3(1), 44–53.
Alinurdin, D. (2018). Etika Kristen Dan Teknologi Informasi: Sebuah Tinjauan Menurut Perspektif Alkitab. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 17(2), 91–105.
Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. (2010). Gandum Mas.
Arifianto, Y. A., Triposa, R., & Supriyadi, D. (2020). Menerapkan Matius 5: 13 Tentang Garam Dunia Di Tengah Era Disrupsi. Shamayim: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 92–106.
Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ Hellofrutivez). Justin (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 10(1), 26–33.
Belo, Y. (2021). Tinjauan Etika Kristen Terhadap Penggunaan Media Sosial. Jurnal Luxnos. Https://Doi.Org/10.47304/Jl.V7i2.165
Brake, A. (2014). Spiritual Formation. Bandung: Kalam Hidup.
Brubaker, P. J., & Haigh, M. M. (2017). The Religious Facebook Experience: Uses And Gratifications Of Faith-Based Content. Social Media+ Society, 3(2), 1–11. Https://Doi.Org/Doi:10.1177/2056305117703723
Cervi, L. (2021). Tik Tok And Generation Z. Theatre, Dance And Performance Training, 12(2), 198–204. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1080/19443927.2021.1915617
Crooks, R. H. (2015). An Introduction To Christian Ethics. Routledge.
Dewanta, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @Bowo_Allpennliebe). Jurnal Komunikasi.
Du, X., Liechty, T., Santos, C. A., & Park, J. (2020). ‘I Want To Record And Share My Wonderful Journey’: Chinese Millennials’ Production And Sharing Of Short-Form Travel Videos On Tiktok Or Douyin. Current Issues In Tourism, 1–13.
Ferguson, S. B. (1981). Grow In Grace. Marshalls.
Geisler, N. L. (1989). Christian Ethics. Baker Book House.
Geisler, N. L. (2010). Christian Ethics: Contemporary Issues And Options (2nd Ed.). Baker Academic.
Gleason, R. C. (1997). Paul’s Covenantal Contrasts In 2 Corinthians 3: 1-11. Bibliotheca Sacra-Dallas-, 154, 61–79.
Gu, S., Ping, J., Xu, M., & Zhou, Y. (2021). Tiktok Browsing For Anxiety Relief In The Preoperative Period: A Randomized Clinical Trial. Complementary Therapies In Medicine. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ctim.2021.102749
Hadi, A., Asrori, A., & Rusman, R. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi (1st Ed.). Pena Persada.
Harianto, P.-. (2018). Radikalisme Islam Dalam Media Sosial (Konteks; Channel Youtube). Jurnal Sosiologi Agama. Https://Doi.Org/10.14421/Jsa.2018.122-07
Ikhli, I. M. N. (2021). Radikalisme Agama Dalam Media Sosial Di Kalangan Generasi Z: Konteks: Tiktok. Focus, 2(2), 119–128.
Kennedy, M. (2020). ‘If The Rise Of The Tiktok Dance And E-Girl Aesthetic Has Taught Us Anything, It’s That Teenage Girls Rule The Internet Right Now’: Tiktok Celebrity, Girls And The Coronavirus Crisis. European Journal Of Cultural Studies. Https://Doi.Org/10.1177/1367549420945341
Khansa, S. D., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Gaya Hidup Remaja. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 133–141.
Kristiani, N., & Putri, S. W. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Playfulness Terhadap Intention To Use Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Masa Pandemi Covid 19. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 162–177.
Lane, T. S., Tripp, P. D., & Powlison, D. (2007). How People Change. New Growth Press.
Lewis, E. (2014). Studi Biblika Dan Teologis Surat 2 Petrus Pasal 3. Jurnal Jaffray, 12(2), 317–332.
Liu, J. (2021). The Influence Of The Body Image Presented Through Tiktok Trend-Videos And Its Possible Reasons. Proceedings Of The 2nd International Conference On Language, Art And Cultural Exchange (Iclace 2021). Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.210609.072
Noviana, M. S. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Narsisme Siswa Pada Kelas V Sd Negeri 83 Palembang. Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Fatah Palembang.
Omar, B., & Dequan, W. (2020). Watch, Share Or Create: The Influence Of Personality Traits And User Motivation On Tiktok Mobile Video Usage. International Journal Of Interactive Mobile Technologies. Https://Doi.Org/10.3991/Ijim.V14i04.12429
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi Dalam Membentuk Personal Branding Di Media Sosial Tiktok. Koneksi. Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V5i2.10300
Rianto, P. R. (2022). Tiktok Dan Kesenangan Seksualitas Kaum Perempuan Tiktok And Women’s Sexual Pleasure. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 15–28.
Rohman, T. N. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Rayuan Gombal Oleh Perempuan Dalam Merespon Video Laki-Laki Pada Aplikasi Tiktok. Kode: Jurnal Bahasa, 10(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Kjb.V10i1.23931
Rosdiana, A., & Nurnazmi, N. (2021). Dampak Aplikasi Tiktok Dalam Proses Sosial Di Kalangan Remaja Rabadompu Timur. Edu Sociata (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 4(1), 100–109.
Simon. (2019). Fenomena Social Climber Ditinjau Dari Perspektif Etika Kristen. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2).
Simon, S., Lie, T. L., & Komaling, H. W. (2021). Prinsip-Prinsip Etika Kristiani Bermedia Sosial. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 1(1), 56–68.
Sonny Eli Zaluchu. (2021). Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Teologi Berita Hidup, 3(2).
Strong’s Greek: 2156. Εὐσχημόνως (Euschémonós) -- Becomingly. (N.D.). Retrieved May 3, 2022, From Https://Biblehub.Com/Greek/2156.Htm
Weimann, G., & Masri, N. (2020). Research Note: Spreading Hate On Tiktok. Studies In Conflict And Terrorism. Https://Doi.Org/10.1080/1057610x.2020.1780027
Wengel, Y., Ma, L., Ma, Y., Apollo, M., Maciuk, K., & Ashton, A. S. (2022). The Tiktok Effect On Destination Development: Famous Overnight, Now What? Journal Of Outdoor Recreation And Tourism, 37, 100458.
Wijaya, M. H. Dwi, & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya. Https://Doi.Org/10.31538/Almada.V3i2.734
Yurliana, Y. (2022). Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Wujud Aktualisasi Diri Didunia Maya (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(1).
Zulkifli, A. (2021). Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Nasib Kebudayaan Nasional. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 2(2), 34–47.