KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PAUD DI MASA PANDEMI COVID-19
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pandemi telah berdampak pada pendidikan sehingga dilakukan berbagai upaya agar pendidikan dapat berjalan dengan baik. Sekolah berupaya memecahkan masalah tersebut dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dibangunnya kerjasama guru dan orang tua. Penelitian bertujuan untuk menemukan kerjasama orang tua dan guru dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD selama masa pandemi Coovid-19. Penelitian dilaksanakan di PAUD Terpadu Kana Ungaran yang juga terdampak pandemi Covid-19. Penulis mengumpulkan data melaui wawancara terhadap guru dan orang tua. Dalam kerjasama guru dan orang tua, orang tua memiliki bagian yaitu menjadi mediator dengan mengambil bahan pelajaran ke sekolah dan menjadi penuntun anak dalam belajar dari rumah. Bagian guru dalam kerjasama ini adalah mengatur penyediaan materi ajar dan membangun komunikasi dengan orang tua. Sementara sekolah menjalankan peran untuk membantu memecahkan masalah belajar melalui pendampingan orang tua dan program visit home.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 04(1), 152–159. Retrieved from http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2203
Chrismardiyanti. (2021). Wawancara Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak di Masa Pandemi, Senin 8 Februari 2021. Ungaran.
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Ekayanti, N. W., & Puspawati, D. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Ditengah Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Press. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1246
Emiyati, A. (2021). Wawancara Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak di TK Terpadu Kana Ungaran.
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 27(2), 23–32. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3552
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Khadijah, K., & Gusman, M. (2020). Pola Kerja Sama Guru dan Orangtua Mengelola Bermain AUD Selama Masa Pandemi COVID-19. Kumara Cendekia, 8(2), 154. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. California: SAGE.
Nurjanah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak RA Az-zahra Cangkreplor Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 91–98. Retrieved from http://journal.pps-pgra.org/index.php/Ijiece/article/view/202
Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Sen, F. A. S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12
Pramana, C., Susanti, R., Ernawati, K., Darmawan, I. P. A., Miftah, M. Z., Lestyowati, J., … Ramadhani, R. (2021). Distance Learning In Primary Schools During The Covid-19 Pandemic In Indonesia: Challenges, Solutions, And Projections. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 263–270. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i4.502
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Budi Santoso, P., Wijayanti, L. M., … Santoso, P. B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Septiyani, L. I. (2021). Wawancara Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Anak di PAUD Terpadu Kana Ungaran. Ungaran.
Sukitman, T., Yazid, A., & Mas’odi, M. (2020). Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 0). Malang.
Susanti, N. (2021). Wawancara Tentang Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran anak di PAUD Terpadu Kana Ungaran. Ungaran.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131–145. https://doi.org/10.37577/JP3M.V2I2.272
Yalita, S. (2021). Wawancara Tentang Peran Orang Tua. Ungaran.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167
Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93