Dampak Obsessive Love Disorder dan Upaya Penyadarannya Bagi Remaja

Isi Artikel Utama

Isak

Abstrak

Masa remaja merupakan fase krusial dalam pencarian jati diri dan pembentukan relasi sosial. Namun, tidak semua hubungan yang dibangun remaja bersifat sehat. Salah satu fenomena yang sering muncul adalah Obsessive Love Disorder (OLD), yaitu kondisi psikologis di mana individu mengalami obsesi berlebihan terhadap orang lain hingga bersikap posesif dan ingin mengontrol pasangannya. Gangguan ini berdampak negatif terhadap perkembangan emosional dan sosial remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak OLD terhadap remaja serta merumuskan strategi penyadaran melalui media yang relevan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa penyadaran tentang bahaya OLD tidak dapat hanya mengandalkan pendekatan formal seperti seminar, tetapi perlu dikembangkan melalui media sosial, khususnya video edukasi yang sesuai dengan karakteristik generasi digital. Edukasi yang kreatif dan kontekstual diharapkan dapat mendorong remaja membangun relasi yang sehat dan bebas dari perilaku obsesif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agatha Vidya Nariswari. (2023). Pria yang Viral Terobsesi Dokter Gigi sampai Menguntit Bisa Jadi Idap Erotomania, Apa Itu? https://www.suara.com/news/2023/04/14/131930/pria-yang-viral-terobsesi-dokter-gigi-sampai-menguntit-bisa-jadi-idap-erotomania-apa-itu

Ahmadi, V., Davoudi, I., Ghazaei, M., Mardani, M., & seifi, S. (2013). Prevalence of Obsessive Love and Its Association with Attachment Styles. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 696–700. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.629

Al, M. D. B. (2023). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.272

Amanda, A., & Wahidar, T. I. Representasi Nilai-nilai Cinta Dalam Novel Obsessive

Love Karya Shireishou (Studi Analaisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Jurnal Ilmu komunikasi (JKMS), 11 (1), 34-36.

Harahap, P. H. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Di Sekolah. Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.58258/pendibas.v1i2.4325

Iqbal Sandy, S. (2021). Trauma Leads to Obsessive Love Disorder on

Constance in Charlotte Levin’s Novel If I Can’t Have You (Doctoral dissertation, Unsada)

Jhoni. (2024). Memahami Potensi Manusia yang Diciptakan Allah Segambar dan Serupa Dengan-Nya dalam Mengelola Bumi di Era Modern sebagai Upaya Mengurangi Angka Pengangguran. Pietas: Jurnal Studi Agama Dan Lintas Budaya, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62282/pj.v1i2.155-169

Jonatan, J., & Waruwu, A. T. M. (2023). Peran Teknologi Digital dalam Pengembangan

Pembelajaran Kristen di Era Digital. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), Art. 6. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.233

Koehuan, N. A., Hidayat, D., & Apitula, C. (2022). Penanaman Konsep Identitas Diri Berdasarkan Iman Kristen Melalui Peranan Pendidikan Kristen. Academy of Education Journal, 13(1), 63–73. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.966

Kurniawan, M. A., Yudani, H., & Wirawan, I. G. N. (2020). Perancangan Video Musik Naratif untuk Menambah Kesadaran Remaja Tingkat Akhir Mengenai Bahaya Obsessive Love Disorder. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 20(1), Article 1. https://doi.org/10.9744/nirmana.20.1.46-51

Maharani Sayidati & Afina Murtiningrum. (2024). The Dark Side of Love: A Study of Obsessive Love Disorder in Susan Forward and Craig Bucks’s Perspective in Secret Obsession Movie. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 3.

Makalalag, D. R., Mutimainah, M., & Anuli, W. Y. (2021). “Penggunaan Media Video

Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar”. Journal of Elementary Educational Research 1, no. 2 (2021): 68-78.

Mamonto, R. A., Muzaini, M. C., Supriadi, M., & Prastowo, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Video Edukasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SD. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), Article 4. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i4.1896

Margunayasa, I. G., & Riastini, P. N. (2015). The Character Value in “Satua Bali” and

Its Application of Teaching in Elementary School. In The 1 st International Confrence on Elementary School Teacher Education (ICESTE) (PP. 2-6)

Michael Aldi Kurniawan, Hendian Yudani, & I Gusti Ngurah Wirawan. (n.d.). Perancangan Video Musik Naratif untuk Menambah Kesadaran Remaja Tingkat Akhir Mengenai Bahaya Obsessive Love Disorder. Januari 2020, 20, 46–51. https://doi.org/10.9744/nirmana.201.46-51

Moh. Rosyid Mahmudi, Amril, & Sinta Alena. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Video Animasi Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 53/VI Pasar Masurai II Kabupaten Merangin. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3.

Nela Melani, Siti Hanifah, & Masduki Asbari. (2023). Solusi Interaksi di Era Informasi: Mengendalikan Obsesi dan Mengelola Emosi. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), Article 2.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Putri, H., Sari, P. N., & Topayung, S. L. (2024). Mengajarkan Kasih Kristiani di Tengah Keberagaman Budaya dan Agama. Berkat : Jurnal Pendidikan Agama Dan Katolik, 1(4), 38–49. https://doi.org/10.61132/berkat.v1i4.180

Radhita Rara. (2019). Mengenal Obsessive Love Disorder, Mencintai Pasangan dengan Cara Berlebihan—Beauty Journal. https://www.beautyjournal.id/article/obsessive-love-disorder-mencintai-pasangan-dengan-cara-berlebihan

Rosadi, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Media Video Edukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), Article 4. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6222

Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1727

Sagala, B. K., & Waruwu, A. T. M. (2023). Identitas Baru dalam Kristus Sebagai Pemahaman Dasar Untuk Memotivasi Kaum Muda dalam Melayani Tuhan. Jurnal Teologi Cultivation, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.46965/jtc.v7i2.2258

Sakti, H. G. (2022). Sosialisasi Penggunaan Video Edukatif Pada Sikap Tanggung Jawab Siswa Smp Negeri 3 Sakra Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika (Abdimandalika), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36312/abdimandalika.v3i2.1208

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. JURNAL CURERE, 1(1), Article 1. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/20

Tania Intan. (t.t.). OBSESI PARA TOKOH NOVEL TEEN LIT MISS CLEAN

KARYA SARA TEE. 2021, 9, 45–56.

Turyati, Muchtarom, M., & winarno. (2016). Pengaruh Penggunaan Media

Video Edukasi terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gondangrejo (1). 11(1), Art. 1.

https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/progresif/article/view/9724.

Winelis, G. A., & Sodik, M. A. (2020). Video Edukasi Efektif Sebagai Media Promosi

Kesehatan Bagi Masyarakat. IKK Strada Indonesia 59 (2020).