PERAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI

Isi Artikel Utama

Wiwiet Arie Shanty
Talizaro Tafonao

Abstrak

Tujuan penulisan artikel ini adalah melihat sejauh mana peran psikologi Pendidikan Agama Kristen dalam menyiapkan metode pembelajaran kepada anak usia dini di masa pandemi. Hal ini dikarenakan pembelajaran anak usia dini di masa pandemi covid 19 menjadi perhatian dan tantangan tersendiri bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, pendidikan pada anak usia dini memerlukan strategi yang cukup memadai. Itulah sebabnya guru dituntut untuk berupaya memahami berbagai problem yang dihadapi dalam mendidik anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif  dengan mengumpulkan data melalui pengamatan langsung oleh peneliti dan wawancara dengan guru dan orang tua wali murid. Proses analisis yang dilakukan adalah menggunakan berbagai sumber literatur baik jurnal, buku, dan bahan referensi lainnya yang terpercaya untuk mendukung analisis penulis. Hasil kajian yang dilakukan menemukan banwa peran psikologi pendidikan agama Kristen di dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia dini sangat besar karena menentukan metode dan strategi pembelajaran anak usia dini di masa pandemi, yaitu daring dan tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Psikologi pendidikan di masa pandemi sangat signifikan diterapkan sebagai solusi dalam memahami kebutuhan anak-anak didik baik secara kognitif, afektif, psikomotorik serta spiritual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Achiruddin Saleh, A. (2018). Pengantar Psikologi. Aksara Timur.
Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud No. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219. Https://Doi.Org/10.14421/Al-Athfal.2017.32-09
Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84. Http://Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/Index.Php/Psikobuletin/Article/View/9616/5058
Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Myp1dwaaqbaj&Printsec=Frontcover#V=Onepage&Q&F=False
Astuti, I. Y., & Harun. (2021). Tantangan Guru Dan Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.808
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru Tk Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.579
Covid-19, S. T. P. (2021). Apa Yang Dimaksud Dengan Pandemi? Https://Covid19.Go.Id/Tanya-Jawab?Search=Apa Yang Dimaksud Dengan Pandemi
Cully, I. V. (1999). Dinamika Pendidikan Kristen (6th Ed.). Bpk Gunung Mulia.
E.G.Homrighausen, & I.H.Enklaar. (1987). Pendidikan Agama Kristen (9th Ed.). Bpk Gunung Mulia.
Fidesrinur. Dkk. (2015). Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini. 24.
Hidayati, F. (2015). Metode Pembelajaran Paud. Kompasiana.Com. Https://Www.Kompasiana.Com/Hidayatifahmi/54f70158a3331100258b457b/Metode-Pembelajaran-Paud
Kartono, K. (1990). Psikologi Perkembangan Anak. Cv. Mandar.
Kemdikbud. (2015). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Buku Penilaian Pembelajaran. 021, 5.
Kemendikbud. (2020). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 719 Lpl2o2o. 021, 1–10.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. Ejournal.Iaiig.Ac.Id › Index.Php › Warna › Article › Download
Lusye, M., Lausan, M., Lumi, D. R. N., & Madalise, H. O. (2020). Peran Orangtua Dalam Mengajar Sains Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 19(2), 1–11.
Muanley, Y. (2009). Pengertian Psikologi Dan Psikologi Pendidikan Agama Kristen. Http://Psikologikristen.Blogspot.Com/2012/09/Pengertian-Psikologi-Dan-Psikologi_17.Html
Muanley, Y. (2012). Pengertian Psikologi & Psikologi Agama Kristen.
Nakamnanu, S. E. (2020). Shamayim : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 14–28.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. Https://Doi.Org/10.35473/Ijec.V2i2.557
Rahmat, P. S. (2021). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
S.T.P. Covid-19. (2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. Bia’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111. Https://Doi.Org/10.34307/B.V1i1.22
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9). Http://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.Pdf
Simanjuntak, J. (2016). Psikologi Pendidikan Agama Kristen (5th Ed.). Penerbit Andi.
Slh Sdh, P. (2020). School Curriculum Framework.
Sofia, & Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Supena, A., Nuraeni, S., Rahmitha, Wahyuni, M., Paramita, D., Rasyidi, C., & Dewey, S. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif. 30.
Tabi, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 190–200. Https://Doi.Org/10.29408/Jga.V4i01.2244
Tafona’o, T. (2019). Kepribadian Guru Kristen Dalam Perspektif 1 Timotius 4:11-16. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 62–81.
Tafonao, T. (2018a). Penerapan Strategi Pengajaran Tuhan Yesus Terhadap Pencapaian Tujuan Pendidikan Agama Kristen. Prosiding Seminar Nasional “Tata Kelola Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia,” 1(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.31220/Osf.Io/A4b76
Tafonao, T. (2018b). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 3 (2), 2018 Issn 2541-0261, 3(2), 121–133.
Tas’adi, R. (2019). Hakekat Dan Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran. Al-Taujih Bingkai, 5. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15548/Atj.V5i1.759
Uu No 20 Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.626