Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama di Sekolah Tinggi Teologi
DOI:
https://doi.org/10.46408/vxd.v5i1.486Kata Kunci:
Christian Education, Education Strategi, Religion Moderation, Education, Theology High SchoolAbstrak
Moderasi beragama adalah sikap dan cara berpikir yang akan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, keseimbangan, lurus, toleran, prioritas, keadaban dan kreatif dalam memahami dan menjalankan ajaran agama. Moderasi beragama dianggap penting dan merupakan salah satu nilai yang wajib ditanamkan kepada seluruh pelajar yang ada di indonesia salah satunya juga adalah mahasiswa/i di Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta. Mahasiswa/i dipandang penting untuk mempelajari nilai moderasi beragama melihat dari berbagai masalah yang akhir-akhir ini muncul terutama dari pertikaian politik yang terjadi antara Israel dan Palestina yang disangkut pautkan dengan agama. Hal ini tentunya menjadi isu sara yang akan memicu pertikaian antar umat beragama sehingga pendidikan moderasi harus sering ditanamkan lewat pendidikan. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pelaksanaan strategi Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan sikap moderasi beragama di Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta sudah menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dalam perkuliahan yang dilaksanakan pada satu pertemuan. Hal ini tentunya menjadi strategi Pendidikan secara khusus Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan nilai moderasi beragama agar terciptanya suasana yang rukun dan damai.
Unduhan
Referensi
Bagus, I., Widiartawan, N., & Tafonao, T. (2021). Peranan dan Kedudukan Orang Tua di Tengah Keluarga dan Gereja Sebagai Pendidik The Role and Position of Parents in The Middle of The Family and The Church As Educators. Jurnal Shamayim, 2(1), 188-203.
Christanti, Y. D., & Anwar, R. N. (2019). Hubungan Prokrastinasi AkAdemik Dengan Kecerdasan Spiritual Generasi Milenial. Jurnal Pedagogik, 1(6), 31-65.
Darianti, & Tafonao, T. (2021, November). Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Remaja Usia 12-15 Tahun Di Era 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 3(14), 202-211. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2
Iskarim, M. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar ( Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). Edukasia Islamika, 1(1), 1-20.
Margianto, H. (2021, May 22). Sederet Fakta Konflik Israel-Palestina Bukan Konflik Agama Halaman all. Kompas.com. Retrieved December 14, 2023, from https://www.kompas.com/global/read/2021/05/22/063000170/sederet-fakta-konflik-israel-palestina-bukan-konflik-agama
Muhamad Syaikhul Alim and Achmad Munib. (n.d.). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 9(2), 263–285.
Mulyono, & Wekke, I. S. (2018). Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Africa's Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 1-204.
Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.
Simamora, K. S. D. (2019). Pendidikan Agama Kristen dan Signifikansinya dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Providensi:Pendidikan Dan Teologi, 2(2), 36-53.
Tahalele, N. K. (2022, Juni 01). Interkoneksi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Keterampilan Abad 21. Vox Veritatis, 1(1), 31-44.
Tahalele, N. K. (2022, Desember 02). Pengamalan Sila Kelima Pancasila Oleh Gereja. Vox Veritatis, 2(1), 68-85.
Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 219-231. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021, Maret). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42. ://dx.doi.org/10.51454/decode.v1i1.5


















