FILANTROPI KRISTEN: RESPONS TUBUH KRISTUS DALAM MENGATASI KEMISKINAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN KISAH PARA RASUL 2:44-45

Isi Artikel Utama

Gde Ngurah Reza Rizaldy
Kayla Nathania Thayeb
Davin G. Sitompul

Abstrak

Kemiskinan bukanlah persoalan baru dalam konteks kehidupan di Indonesia. Ironisnya, kemajuan zaman yang ada tidak berhasil mengatasi isu ekonomi ini. Terlihat dari angka kemiskinan yang kian bertambah, dan justru diperparah dengan kehadiran pandemi COVID-19. Untuk menyikapi isu ekonomi ini, kehidupan jemaat Kristen mula-mula menunjukkan keberhasilannya dalam mengatasi kemiskinan, yang dibuktikan dalam Kisah Para Rasul 2:44-45. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk merumuskan suatu konsep yang disebut dengan Filantropi Kristen, sebagai solusi dalam menyikapi kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat, khususnya dalam lingkungan Gereja. Sehingga secara kontekstual, penelitian ini bermanfaat untuk membuka perspektif individu dan Gereja dalam melihat, sekaligus menanggulanginya dengan menerapkan konsep Filantropi Kristen yang ditinjau dari perspektif Perjanjian Baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui kajian hermeneutika. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep filantropi ini mendorong Gereja untuk merespons masalah perekonomian yang dialami dengan menjalankan pelayanan secara menyeluruh atau merata, baik pelayanan batiniah maupun lahiriah khususnya kepada kaum-kaum marginal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Acts 2:44 Greek Text Analysis. (2004). Retrieved April 29, 2021, from https://biblehub.com/text/acts/2-44.htm
Berkhof, H., & Enklaar, I. H. (2019). Sejarah gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Chusna Farisa, F. (2020). Melihat Efektivitas 9 Bantuan dan Subsidi Pemerintah Selama 6 Bulan Pandemi. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/32247/bansos-insentif-hingga-vaksinasi-jadi-upaya-pemerintah-tangani-pandemi/0/berita_satker
Constable, T. L. (2015). Thomas Constable’s Notes on the Bible: Luke-john Volume 7 of Constable’s Notes on the Bible Series.
DeSilva, D. A. (2018). An introduction to the New Testament: Contexts, methods & ministry formation (Second Edition). Downers Grove: InterVarsity Press.
Friedman, L. J. (2002). CHARITY, PHILANTHROPY, AND CIVILITY IN AMERICAN HISTORY. 20.
Guthrie, D. (1990). New Testament introduction (4th rev. ed). Downers Grove, Ill: Inter-Varsity Press.
Hakh, S. B. (2010). Perjanjian Baru: Sejarah, Pengantar dan Pokok-pokok Teologisnya. Bandung: Bina Media Informasi.
Imeldawati, T., Tarigan, I. S., & Sihombing, W. F. (2021). Sikap Waspada Terhadap Ketamakan Akan Kekayaan (Lukas 12:13-21). Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 19(1), 121–134. https://doi.org/10.46965/ja.v19i1.608
Keener, C. S. (2020). Acts. Cambridge, United Kingdom: Cambridge University Press.
Klein, W. W. (2017). Introduction to Biblical Interpretation by William W. Klein.pdf.
Knight, J. (1998). Luke’s gospel. London ; New York: Routledge.
Mahuze, P. N. (2016). STUDI TENTANG PRAKSIS KOINONIA UMAT KOMUNITAS BASIS DI PAROKI ST. THERESIA BUTI KEUSKUPAN AGUNG MERAUKE-PAPUA SELATAN. 29.
Mugabe, H. (2014). Parable of the rich fool: Luke 12:13–21. Review & Expositor, 111(1), 67–73. https://doi.org/10.1177/0034637313514799
Nainupu, M. (2014). PELAYANAN GEREJA KEPADA ORANG MISKIN.
Phillips, T. E. (2001). Reading issues of wealth and poverty in Luke-Acts. Lewiston, N.Y: Edwin Mellen Press.
Putranto, W. P. A., Larasaty, P., Kurniasih, A., Pratiwi, A. I., Riyadi, Saputri, V. G., & Meilaningsih, T. (2020). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19 2020. BPS RI. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=NjY5Y2IyZTg2NDY3ODdlNTJkZDE3MWM0&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMjAvMDYvMDEvNjY5Y2IyZTg2NDY3ODdlNTJkZDE3MWM0L2hhc2lsLXN1cnZlaS1zb3NpYWwtZGVtb2dyYWZpLWRhbXBhay1jb3ZpZC0xOS0yMDIwLmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMS0wNi0xMiAyMTo1NjoxMg%3D%3D
Schnabel, E. J. (2012). Acts: Zondervan Exegetical commentary on the New Testament. Grand Rapids, Michigan: Zondervan.
Soesilo, Y. (2018). Pentakostalisme dan Aksi Sosial: Analisis Struktural Kisah Para Rasul 2:41-47. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 136. https://doi.org/10.30648/dun.v2i2.172
Strong’s Greek: 5363. Φιλανθρωπία (philanthrópia). (2011). Retrieved April 30, 2021, from https://biblehub.com/greek/5363.htm
Sulek, M. (2010). On the Classical Meaning of Philanthrôpía. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 39(3), 385–408. https://doi.org/10.1177/0899764009333050
Susanto, H. (2020). Panggilan Sosial Gereja Berdasarkan Pelayanan Yesus dalam Lukas 4:18-19: Sebuah Upaya Merevitalisasi Pelayanan Gereja. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 19(1), 97–112. https://doi.org/10.36421/veritas.v19i1.356
Sutoyo, D. (2014). GAYA HIDUP GEREJA MULA-MULA YANG DISUKAI DALAM KISAH PARA RASUL 2: 42-47 BAGI GEREJA MASA KINI. 40.
The World Bank. (2020). COVID-19 to Add as Many as 150 Million Extreme Poor by 2021. Retrieved from https://www.worldbank.org/en/news/press-release/2020/10/07/covid-19-to-add-as-many-as-150-million-extreme-poor-by-2021
Trisna, R. P. (2020). KAUM MARGINAL DALAM INJIL LUKAS DAN KISAH PARA RASUL. 11.
Wahyudi, A. (2020). Apa Itu Entrepreneurship, Theospreneurship, Spiritualpreneurship. Retrieved from https://e-journal.stt-star.ac.id/index.php/asteros/article/view/14
Wairata, M. (2017). Diakonia Transformatif dalam Pengentasan Kemiskinan: Upaya Mentransformasi Pelayanan Gereja terhadap Orang Miskin dalam Konteks GKI Martin Luther di Tanah Papua (Universitas Kristen Satya Wacana). Universitas Kristen Satya Wacana. Retrieved from https://repository.uksw.edu/handle/123456789/13338
Wright, N. T., & Bird, M. F. (2019). The New Testament in its world: An introduction to the history, literature, and theology of the first Christians. London : Grand Rapids, MI: SPCK ; Zondervan Academic.
Yuono, Y. R. (2020). PERTUMBUHAN GEREJA DI MASA PANDEMI. 10.