Strategi Pengembangan Karunia Melayani Dan Memimpin Dalam Gereja Lokal Pada Generasi Z Di Era Digital
Isi Artikel Utama
Abstrak
Manifestasi karunia Roh Kudus pada gereja mula mula menunjukkan kapasitas kuasa dan pekerjaan supranatural di tengah-tengah komunitas umat percaya. Namun seturut waktu, khususnya dalam perkembangan teknologi, keilmuwan dan sosial media dalam gereja, maka kecenderungan pelayanan hari ini lebih kepada jumlah jemaat, pembangunan fisik dan finansial. Gereja cenderung melemah dalam pengembangan karunia Roh Kudus kepada kaum awam terlebih genarasi Z. Gereja bukan saja kehilangan momentum dalam menjangkau dan memuridkan, namun juga mengalami stagnasi dalam mengembangkan kapasitas karunia-karunia Roh Kudus untuk Generasi Z yang terhisap. Tujuan penelitian adalah menjelaskan strategi yang digunakan dalam pengembangan karunia Roh Kudus kepada generasi Z dalam gereja lokal di era digital. Apabila gereja tidak mempunyai strategi pengembangan karunia Roh Kudus yang jelas kepada mereka, maka gereja akan kehilangan spirit penginjilan, manifestasi kuasa Allah dan kedewasaan rohani ditengah disruptif teknologi. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Konstruksi penelitian dalam membangun mekanisme pengembangan karunia ini berkaitan dengan [1] Penekanan pengajaran kepada bagi Gen Z yang banyak diremehkan. [2] Mekanisme pengembangan karunia kepemimpinan mereka sejak awal, [3] Metode yang berkaitan dengan pemberian ruang dan tanggung jawab, serta [4] Pola ibadah dan pelayanan dalam penggunaan teknologi yang seimbang.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Bergler, T. E. (2020). Generation Z and Spiritual Maturity. Christian Education Journal, 17(1), 75–91. https://doi.org/10.1177/0739891320903058
Bevere, J. (2015). Roh Kudus sebuah Penghantar (pertama; Slamat Parsaoran Sinambela, Ed.). Jakarta: Messenger International.
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa [Generation Z and Maintenance of Inter-Generational Relations in the Perspective of Javanese Culture]. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105. https://doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326
Christianto, V., & Simon, S. (2021). Kingdom Graph: Mengapa Gereja-Gereja di Iran Dan Tiongkok Berkembang Pesat walau dalam Tekanan atau Aniaya [Kingdom Graph: Why Churches in Iran And China Are Growing Rapidly Despite Pressure or Persecution]. Amreta, 4(2), 1–32. https://doi.org/https://doi.org/10.54345/jta.v4i2.58
Destyanto, T. Y. R., Lubianto, D., Jono, & Tuanakotta, M. G. (2022). Pemulihan Pondok Daud: Landasan Teologis Dan Pembaruan Pujian Penyembahan Pentakosta Masa Kini. The Way Jurnal Teologi Dan Kependidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.54793/teologi-dan-kependidikan.v8i1.80
Dunaetz, D. R. (2021). Barriers to Leading Small Groups among Generation Z and Younger Millennials: An Exploratory Factor Analysis and Implications for Recruitment and Training. Christian Education Journal, 18(1), 1–18. https://doi.org/10.1177/07398913211018482
Epafras, L., Kaunang, H., Jemali, M., & Setyono, V. (2021). Transitional Religiosity: The Religion of Generation Z. Proceedings of the 3rd International Symposium on Religious Life. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2020.2305063
Ewing, T. (2020). 3 Reasons Gen Z Is The Most Awesome Generation There Is. Retrieved July 9, 2022, from Forbes.com website: https://www.forbes.com/sites/tonyewing/2020/07/01/3-reasons-gen-z-is-the-most-awesome-generation-there-is/?sh=9f006382c9a0
Faughder, R. (2022). Gen Z spends half its waking hours on screen time. Here’s the good and bad news for Hollywood. Retrieved September 30, 2022, from www.latimes.com website: https://www.latimes.com/entertainment-arts/business/newsletter/2022-04-12/gen-z-spends-half-its-waking-hours-on-screen-time-heres-the-good-and-bad-news-for-hollywood-the-wide-shot#:~:text=The good news for media,provided exclusively to The Times.
Garisson, A. (2018). Gereja yang Diberdayakan oleh Roh Kudus (Pertama; T. S. Kaihatu, Ed.). Malang: Gandum Mas.
Given, C., Hannaford, P., & Zaiac, N. (2015). A Future for Millennials (C. Given, P. Hannaford, & N. Zaiac, Eds.). United States Of America: Young Voices.
Gultom, Joni M. P., Simanjuntak, M., Situmorang, E. L., Sianipar, R., & Waruwu, S. (2021). Strategi Musik dan Kerygma Influencer Kristen Berdasarkan Kepemimpinan Daud dalam Membangun Motivasi Diri Native Digital [Christian Influencer Music and Kerygma Strategy Based on David’s Leadership in Building Native Digital Self-Motivation]. EPIGRAPHE, 5(2), 161–175. https://doi.org/10. 33991/epigraphe.v5i2.304
Gultom, Joni Manumpak Parulian, Petrus Bunthu, F., Pieter Tomasoa, F., & Era Nduru, F. (2019). Generasi Millenial Dan Kaitan Tugas Yeremia Dalam Kegerakan Pantekosta. Real Didache, 4(1), 12–25.
Irawan, H. (2021). Spiritualitas Umat Kristen Indonesia 2021 [Indonesian Christian Spirituality 2021].
Jackelén, A. (2021). Technology, Theology, and Spirituality in the Digital Age. Zygon, 56(1), 6–18. https://doi.org/10.1111/zygo.12682
Jenkins, R. (2019). The Generation Z Guide; The Complete Manual to Understand, Recruit, and Lead the Next Generation. United States Of America: Ryan Jenkins, LLC.
Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” Dan Strategi Melayaninya [Generation “Z” And Strategies To Serve It]. Ambassadors: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 23–34.
Kurnia, G. M. (2019). Menghadapi Berbagai Tekanan di Usia 20-an. Retrieved October 19, 2022, from unair.ac.id website: https://news.unair.ac.id/2019/09/18/menghadapi-berbagai-tekanan-di-usia-20-an/?lang=id
Lewis, B. (2018). Social media, peer surveillance, spiritual formation, and mission: Practising Christian faith in a surveilled public space. Surveillance and Society, 16(4), 517–532. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24908/ss.v16i4.7650
Meilinda, S. D., Lustiadi, Y., & Hernawan, W. (2019). Millennial Behavior: Sebuah Pendekatan Dalam Perilaku Kepemimpinan [Millennial Behavior: An Approach to Leadership Behavior]. Wacana Publik, 13(02), 121–127. https://doi.org/10.37295/wp.v13i02.32
Munthe, E. (2019). Mengoptimalkan Karunia dalam Jemaat untuk Melakukan Misi Amanat Agung di Era 4.0. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 3(2), 133–141. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i2.127
Octavia, N. (2019). Benarkah Generasi Z adalah Generasi Kesepian? Retrieved January 1, 2022, fRom klikdokter.com website: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626226/benarkah-generasi-z-adalah-generasi-kesepian
Oktavia, K., & Arifianto, Y. A. (2021). Memahami Efesus 5:1-21 dalam Upaya Hidup Berpadanan dengan Panggilan Orang Percaya di tengah “Serigala.” Jurnal Teologi Amreta, 4(2), 1–21. https://doi.org/10.54345/jta.v4i2.56
Oktavia, W. (2021). Memahami 6 Karakter Generasi Z, Bukan Cuma Familiar Teknologi Sejak Kecil. Retrieved October 3, 2021, fRom Tempo.co website: gaya.tempo.co/read/1467165/memahami-6-karakter-generasi-z-bukan-cuma-familiar-teknologi-sejak-kecil
Panjaitan, F., & Lumingkewas, M. S. (2019). Ibadah Jemaat Kristen Kontemporer Abad 21 Dan Tinjauan Kritis-Liturgis. FIDEffI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 159–182. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.49
Plate, C. M. (2020). Teologi Paulus (kedua). Malang: Gandum Mas.
Praptowarso, S, Y., Gultom, J., & Simatupang, O. (2018). Doing Church, A Petecostal Perspective. In Y. S. Praptowarso, J. Gultom, & O. Simatupang (Eds.), ASPENKRIS. Jakarta: ASPENKRIS.
Prasetya, D. S. B., Novalina, M., Marisi, G., Gultom, J. M. P., & Sianipar, R. (2021). Pujian dan Penyembahan Sebagai Strategi Pemuridan di Bethany Church Malaysia, Ipoh-Perak [Praise And Worship As Discipleship Strategies]. Fidei, 4(2), 262–279. https://doi.org/: https://doi.org/10.34081/fidei.v4i2.276
Rumondang Lumban Gaol, & Hutasoit, R. (2021). Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja yang Bertransformasi bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z dalam Era Digital. Kenosis, 7(1), 146–172. https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.284
Siahaan, H. E. R. (2017). Aktualisasi Pelayanan Karunia di Era Digital [Actualization of Gift Service in the Digital Age]. Epigraphe: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 1(1), 23–38. https://doi.org/https://doi.org/10.33991/epigraphe.v1i1.7
Stevanus, K., & Firman, P. (2020). Baptisan Roh Kudus dalam Perspektif Pentakotal.
Sunarno. (2018). Karakteristik Karunia-Karunia Roh Berdasarkan 1 Korintus 12. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 60–81.
Tari, E. (2020). Implementasi Konsep Gereja berdasarkan Kisah Para Rasul 2:41-47 dalam Bergereja di Era digital [Implementation of the Church Concept based on Acts 2:41-47 in Church in the Digital Age]. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 5(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.52104/harvester.v5i1.19
Tsuria, R. (2021). Digital media: When god becomes everybody—the blurring of sacred and profane. Religions, 12(2), 1–12. https://doi.org/10.3390/rel12020110
Twenge, J. M. (2017). iGen. New York: ATRIA Books.
White, J. E. (2017). Meet Generation Z; Understanding and Reaching The New Post - Christian World. Michigan: BakerBooks.
Widjaja, F. I., Ginting, D., & Hutagalung, S. M. (2019). Teologi Misi sebagai Teologi Amanat Agung. Thronos, 1(1), 17–24.