Mentorship Gereja dalam Membentuk Karakter Remaja di BNKP Jemaat Hiliomasio Medan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan zaman semakin cepat berubah, seiring ditandai dengan banyaknya teknologi yang diciptakan oleh manusia. Di satu sisi teknologi membawa banyak pengaruh posisitif untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun di sisi lainnya, teknologi juga dapat berakibat negatif, bagi orang-orang yang salah dalam penggunaannya. Salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi sekarang ini, dapat dilihat dari semakin banyaknya kasus-kasus kenakalan di kaum remaja. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang akhirnya bingung dan tidak tahu harus berbuat apa, akibat pengaruh teknologi digital yang telah merusak karakter kaum remaja, khususnya bagi kaum remaja di BNKP Jemaat Hiliomasio Medan. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Di mana peneliti terjun langsung ke dalam lapangan sehingga dapat menemukan data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Adapun hasil dari penelitian ini, antara lain: 1) pelaksanaan mentorship gereja terhadap Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga masih perlu untuk lebih ditingkatkan lagi, 2) gereja perlu untuk memberikan perhatian yang lebih serius terhadap pengajaran Pendidikan Agama Kristen bagi semua jemaat, dan 3) pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga terhadap upaya membentuk karakter remaja di era digital, masih terlihat sangat kurang.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Basyari, I. (2019). Sebagian Kasus Kenakalan Remaja Dipicu Media Sosial. Www.Kompas.Id.
Haryanto, A. T. (2020). Riset: Ada 175,2 Juta Pengguna Internet di Indonesia. Inet.Detik.Com.
Holmen, M. (2016). Church + Home. Pionir Jaya.
Homrighausen, E. G. dan I. H. E. (2012). Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia.
Kristianto, P. L. (2012). Prinsip dan Praktik Pendidikan Agama Kristen. ANDI.
Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Referensi-GP.
Nugroho, F. J. (2019). Gereja Dan Kemiskinan: Diskursus Peran Gereja Di Tengah Kemiskinan. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 100–112.
Ratnaya, I. G. (2011). Dampak Negatif Perkembangan Terknologi Informatika dan Komuniakasi dan Cara Antisifasinya. Jurnal: JPTK, UNDIKSHA, 8(1), 23–25.
Ritonga, N., Mone, J. L. T., Yunip, M., & Zega, Y. K. (2021). Implementasi Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Jurnal Shanan, 5(1), 29–42. https://doi.org/10.33541/shanan.v5i1.2622
Ritonga, N., & Rantung, D. A. (2018). Evaluasi Implementasi PAK Keluarga di GKRI Jemaat Diaspora Cawang Jakarta Timur. Jurnal Shanan, 2(2), 110–111. https://doi.org/10.33541/shanan.v2i2.1538
Setiasih. (2012). Menjadi Seorang Sahabat. In Permasalahan Psikologi Perkotaan dan Solusinya (pp. 174–176). University of Surabaya.
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya (Issue Seminar Nasional Pendidikan). Universitas Pendidikan Indonesia.
Sevilla, C. G. (2006). Pengantar Metode Penelitian. Universitas Indonesia.
Sianipar, D., Zega, Y. K., Nehe, L., & Kristiantoro. (2020). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja di HKBP Jatisampurna Bekasi. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 2(2), 447–457. https://doi.org/10.33541/cs.v2i2.1964
Sijabat, B. S. (1996). Strategi Pendidikan Kristen. ANDI Offset.
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Desertasi. Alfabeta.
Suharnan, M. dan. (2014). Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 154–164.
Sulistyo, P. D. (2019). Media Sosial Berperan Picu Perundungan. Www.Kompas.Id.
Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2), 129–389.
Tafonao, T. (2018). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Terhadap Prilaku Anak. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.3(No.2), 129–131.
Wicaksono, W. M. (2019). Bolos Massal 71 Pelajar SMK dari Bogor Ditahan di Polres Banyumas. Www.Kompas.Id.
Wijanarko, J. (2018). Mendidik Anak dengan Hati. Keluarga Indonesia Bahagia.
Zega, Y. K. (2020). Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 140–151. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.488